Bermain google adsense sekarang memang tidak semudah dahulu. seiring dengan perkembangan teknologi, algoritma, dan peraturan. Dahulu jika kita sudah memiliki akun adsense, kita dengan mudah menampilkan iklan pada website manapun yang kita ingin tampilkan. Namun dengan peraturan yang baru, rupanya google tidak ingin iklan ditampilkan pada website  yang tidak berkualitas, alhasil google melakukan review pada setiap website yang ingin menampilkan iklan google adsense.

Untuk agar lolos review site google adsense, itu gampang-gampang susah, pasalnya berdasarkan pengalaman pribadi saya, ada website saya yang tidak lolos, namun banyak juga yang lolos. Dari pengalaman-pengalaman itu saya bisa menemukan cara atau trik agar lolos review. Namun perlu diingat bahwa saya tidak menjamin trik atau cara yang akan saya share disini akan selalu berhasil, karena semua kewenangan tetap ditangan google. Kita hanya bisa berusaha membuat website sesuai standar kualitas yang diterapkan oleh google dan setelah itu kita berdoa semoga lolos review.

Namun dengan trik yang saya lakukan ini setidaknya sebagian besar website yang saya ajukan, lolos untuk direview google. Namun tidak semua website selalu diterima, ada banyak factor diluar kendali kita.

Sebenarnya agar lolos review, kita hanya membuat website yang memiliki kualitas konten yang bagus, bermanfaat, dan navigasi yang bagus sehingga memudahkan user dalam menggunakan website kita.

Template

Template merupakan hal yang sangat penting dalam menyajikan tampilan dan navigasi website yang bagus. Dengan template yang bagus, maka penempatan iklan dan navigasi akan tertata dengan rapi, tidak membingungkan pengunjung. Selain itu sebaiknya kita menggunakna template yang responsive karena dengan template yang responsive maka akan menambah kualitas website kita dimata google.

Untuk template, kita bisa menggunakan template yang gratisan atau yang premium. tentu saja dari sisi kualitas template premium lebih unggul dari yang gratisan. Namun yang tidak kalah penting yaitu template harus bisa di load dengan cepat. dengan template yang ringan maka akan meningkatkan kualitas seo juga.

secara garis besar template yang memenuhi standar kualitas google adalah template yang :

  1. SEO friendly

sekarang google menggunakan algoritma rich snippets dimana struktur dan standarnya sudah disediakan oleh google. Dengan menambahkan fitur ini pada website kita, maka robot google lebih mudah untuk membaca dan menemukan web kita.

  1. Template responsive

Dengan template yang responsive, maka antara konten dan navigasi akan tertata dengan rapi dan enak digunakan pada device apapun.

  1. Fast Loading

Template fast loading sangat disukai oleh google dan pengunjung. Jika template kita lambat, maka akan sangat susah mengambil hati pengunjung dan robot google.

  1. Gunakan template dengan warna clean, jangan terlalu banyak pernak Pernik yang justru akan mengganggu tampilan. dengan menggunakan template clean dan cerah, maka akan lebih nyaman dipandang, dan karena website direview secara manual oleh manusia, maka buat tampilan yang nyaman digunakan manusia.
  2. Gunakan navigasi yang jelas dan relevan. Navigasi menu yang relevan maksudnya adalah ketika pengunjung meng klik salah satu menu, maka halaman yang ditampilkan adalah informasi sesuai dengan menu yang dipilih, missal ketika pengunjung meng klik menu kontak, maka halaman harus benar-benar berisi data kontak yang bisa dihubungi, jangan sampai pengunjung merasa ditipu.
  3. Hal yang harus ada pada navigasi adalah : kontak, kebijakan privacy atay privacy policy, kebijakan program, tentang kami atau about us. beberapa hal ini adalah standar yang diwajibkan oleh google.
  4. Tempatkan recent post pada sidebar. Dengan menempatkan recent post atau daftar post pada sidebar, maka akan memudahkan pengunjung untuk memilih postingan yang ada di web kita
  5. Kualitas Konten.

Konten yang berkualitas adalah konten yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Jika pengunjung menemukan informasi yang mereka cari pada website kita, maka pengunjung akan betah berada pada web kita, sebaliknya jika konten kita tidak berkualitas, maka pengunjung akan segera meninggalkan web kita, dan hal ini akan meningkatkan bounce rate pada web kita. dan tentu saja akan berpengaruh terhadap penurunan kualitas website kita dimata google. Jadi intinya Semakin lama pengunjung berada di situs kita maka akan semakin baik terhadap visibility-nya di mesin telusur. Dari sinilah kita bisa menentukan bahwa konten kita berkualitas karena bisa membuat pengunjung bertahan lama di situs.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait template website yang harus kita persiapkan.

Konten dan Kualitas Website

Untuk urusan konten website, biasanya ada beberapa hal yang biasa saya lakukan antara lain :

  1. Buat konten yang berisi tips atau how to

Dengan konten yang berisi tips, maka konten kita tak lekang ditelan waktu atau konten yang tidak akan kadaluarsa. Dan biasanya konten jenis ini sangat bermanfaat bagi pengunjung. Saat ini saya sedang banyak-banyaknya membuat website dengan niche resep masakan dengan Bahasa inggris.

  1. Buat artikel minimal 10 artikel

Agar website kita tidak kosong atau kekurangan konten, maka sangat dianjurkan buat minimal 10 artikel yang bermanfaat agar lolos review website google.

  1. Buat artikel dengan grammar yang bagus

Grammar yang bagus, akan sangat menentukan apakah website kita diterima atau tidak, karena manusia akan mudah memahami jika grammar yang dibuat bagus.

  1. Tambahkan gambar yang relevan

Untuk mempercantik dan menunjang konten, sebaiknya gunakan sebuah gambar. namun jangan terlalu banyak. Dengan adanya gambar, akan menambah estetika website kita dan akan terlihat professional.

  1. Buat logo website

Hal sepele yang biasanya diabaikan adalah logo website, meskipun bukan prioritas utama, namun keberadaan logo membuat kesan bahwa website kita dibuat dengan sungguh-sungguh.

  1. Buat halaman contact yang professional, dan terpercaya

Halaman kontak mutlak harus ada agar pengunjung mudah untuk menghubungi anda. yang perlu ditampilkan pada halaman kontak adalah informasi nomor telp, email, alamat dan jika perlu buatkan form untuk kontak meskipun hanya fake form.

  1. Buat halaman about dengan baik dan terpercaya

Halaman about adalah halaman yang memuat informasi tentang apa website kita. jika website kita tentang resep masakan, maka ceritakan bahwa website kita berisi tentang makanan dan resep cara membuat makanan, serta informasi2 lain yang berhubungan dengan masakan.

  1. Buat halaman Privacy Policy, dan DMCA

Halaman Privacy Policy menyatakan bahwa Anda menghargai privasi pengunjung blog Anda. Adapun halaman DMCA adalah pernyataan bahwa blog Anda tidak melanggar hak cipta orang lain.

  1. Update postingan sehari minimal 2 postingan tapi tidak lebih dari 5 postingan

inilah salah satu strategi saya, yaitu mengupdate postingan web atau blog kita paling tidak sehari 2 postingan baru. ini saya lakukan selagi menunggu hasil keputusan apakah web kita diterima atau enggak.

Umur Website

Sebenernya tidak ada patokan berapa minimal umur website yang didaftarkan untuk direview di google adsense. Namun jika kalian punya banyak waktu dan mau bersabar, setidaknya tunggu sampai usia website 1-3 bulan dengan postingan rutin tiap hari. hal ini untuk membuktikan kualitas webisite kita dimata google.

Namun karena saya orangnya kurang sabaran, maka saya tidak pernah menunggu usia website hingga sebulan. berikut langkah-langkah yang saya lakukan ketika menambahkan domain baru :

  1. Install website dengan domain baru dan isi konten hingga 10 postingan
  2. Masukkan website ke google web mastertools dan pastikan web kita terindex di google
  3. Masukkan website ke adsense untuk di review
  4. Selama proses review, update postingan secara rutin paling tidak 2 postingan per hari.
  5. Lakukan promosi ke social media dengan niche yang sama dengan website kita. Biasanya sy menggunakan facebook sebagai media promosi saya. Gabung dengan grup yang ada di facebook yang anggotanya diatas 3ribu, dan posting website kita di grup tersebut. namun hati-hati jangan melakukan spam karena facebook juga sangat rawan banned.

karena niche website saya adalah resep masakan, maka sangat mudah mencari grup yang anggotanya mencapai puluhan ribu dan ratusan ribu. berdasarkan pengalaman saya, halaman web yang saya share mendatangkan trafik yang lumayan dan retensi pengunjung juga tinggi. Inilah yang mungkin membuat google terpaksa menerima website saya untuk menampilkan iklan google adsense.

PENTING…!!!

MENCARI TRAFIK YANG BERKUALITAS DENGAN RETENSI PENGUNJUNG YANG TINGGI ADALAH HAL YANG WAJIB DALAM TRIK SAYA INI. JADI INTINYA BUAT PENGUNJUNG BETAH BERLAMA-LAMA MENGUNJUNGI WEBSITE KITA. TAPI PENGUNJUNG HARUS NATURAL JANGAN PAKE BOT

Dengan trik saya diatas, paling tidak proses review bisa memakan waktu sekitar 2 minggu. mungkin karena website baru, dan pihak google melakukan monitoring pada website yang kita daftarkan.